Sprint 3 (Project Kelas PMPL) : Mencegah Field yang kosong saat mengedit Profil Perusahaan


Memulai sprint 3 ini, ada upgrade versi python dan django, sehingga settingan project ada yang berbeda sedikit dengan yang sebelumnya.
Seperti sebelum-sebelumnya, saya memulai mengerjakan dengan clone project terlebih dahulu, lalu seterusnya seperti yang saya list di bawah ini :

  1. clone project
  2. Seting virtual environment (setelah cd ke folder project kape) : virtualenv -p python env
  3. Aktivasi environment: source env/scripts/activate
  4. memastikan versi python dan node
    python –version
    node –version
  5. npm install
    pip install -r requirements.txt
  6. (Karena ini bukan clonning pertama kali, dan sebelumnya sudah melakukan migrasi data, maka saya seharusnya tidak perlu melakukan migrasi lagi, tapi ternyata error jadi harus migrasi lagi:
    Sebelumnya drop database dulu
    DROP DATABASE kape;
    jika error saat drop :
    SELECT pg_terminate_backend(pg_stat_activity.pid)
    FROM pg_stat_activity
    WHERE pg_stat_activity.datname = ‘kape’;

jika masih error saat migrasi :
find . -name ‘*.pyc’ -delete
lalu create db kape

lalu migrasi
python manage.py migrate
python manage.py loaddata seeder.json

  1. Lakukan Tes
    python manage.py test
  2. Lalau run test suite untuk front end
    npm run build-production
    npm run karma
  3. Running Development Mode (Classic)
    To run the API (backend) server:
    python manage.py runserver

To serve the frontend:
npm run webpack

Setelah semua berjalan, kemudia saya mulai untuk mengedit/menambahkan fitur pada project kape di sprint 3 ini. Saya memilih untuk mengedit halaman CompanyProfile, karena saya lihat di halaman tersebut ketika inputan kosong tetap bisa melakukan submit. Sehingga saya ingin mencegah hal tersebut. Kemudian saya menambahkan setiap field inputan (tidak semua, tapi yang butuh saja) dengan “required”. Sehingga menghindarkan inputan kosong saat submit.

Published by isun

work hard, work smart

Leave a comment