kesehatan

Hasil Diagnosis Kukuku yang Aneh


Akhirnya, hari Sabtu lalu aku periksakan kondisi kukuku, karena pikiran nggak bisa tenang gara-gara hasil googling di internet yang aneh-aneh. Jadi Sabtu sore, sekitar jam 5, ditemani oleh Kuni, aku menuju salah satu klinik di Dako. Kemudian kami menemui dokter yang bersangkutan, yakni dokter kulit, lalu menanyakan kondisi kukuku yang aneh, dengan garis vertikal di tengahnya, warnanya coklat tua. Dulu garis itu hanya berupa garis tipis, tapi kemudian semakin melebar hingga sekarang selama kurang lebih 2 tahun.  Di bawah ini adalah cuplikan konsultasi saya kepada sang dokter :

Dokter : “Aneh ya…”

(Aku mengerutkan dahi)

Aku : “Iya dok, kenapa ya Dok?”

Dokter masih melihat-lihat kuku.

Dokter : “Kemungkinan karena ada spora yang masih menempel di kuku. Dulu pernah luka ya kukunya?”

Aku : “Saya lupa dok, tapi kayaknya enggak”

Dokter : ” Ya udah nanti saya kasih obat saja ya”

Sang dokter kemudian menjelaskan tentang pemakaian obat yang dimaksud. Aku pun masih penasaran dengan apa yang kutemukan di internet.

Aku : ” Kemarin saya search di internet tentang masalah kuku gitu dok, kondisi kayak gini bisa juga jadi gejala melanoma. Gimana menurut dokter?”

Dokter : “Wah enggak, melanoma jarang terjadi kok. Kalau terjadi biasanya di bagian tubuh yang sering terkena sinar matahari. Kalau ini kemungkinan  jamur, nanti diobatin dulu, biar jamurnya nggak sampai ke dalam”

Kemudian konsultasi pun berakhir. Harus merogoh kantong kurang lebih 200 ribu untuk periksa dan beli obat dari dokternya. Semoga bisa cepet sembuh.Amin

Nih gambar kukuku yang aneh :

15 thoughts on “Hasil Diagnosis Kukuku yang Aneh

    1. hahahaha……iya kun,biar narsis dikit kun, masa mau aku kasih nama samaran: bunga (bukan nama sebenarnya)….wkwkwkwk
      belum terlihat efeknya kun……dicoba dulu lah….
      ntar klo ga ngefek balik lagi…….

    1. hmm…akhirnya saya biarkan aja kukunya….ada yang bilang di forum itu ga bahaya,cuma hyperpigmentasi…saya pernah posting juga di forum trus ada macem2 tanggapan..

  1. tolong admin ksh tahu nama obatnya.. soalnya diaku jg ada. senpetdeg2an jg, hbs browsing liat kalo kuku bergaris tanda melanoma.🙂

    1. saya juga kurang ingat nama obatnya. Tapi waktu itu saya berhenti pakai karena kurang ada perubahan yang berarti pada kuku saya. Dan menurut konsultasi online saya (tanya-dokter-kuku-hitam-melanoma-kah) disaranan untuk dapat dilakukan pemeriksaan KOH dan kultur (untuk memastikan adanya infeksi jamur dan menyingkirkan kemungkinan diagnosis melanoma).Pengobatan infeksi jamur pada kuku ini memang membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan jenis infeksi jamur lainnya, dapat berlangsung selama 3-4 bulan. Obat yang dianjurkan adalah obat minum. Sedangkan obat salep atau krim biasanya kurang efektif dalam mengatasi infeksi jamur pada kuku, karena kuku sangat keras sehingga krim/salep sulit diserap.

Leave a Reply

