IT

Pengenalan Recommender System


iStock_000047149420_Medium-676x450

Pada zaman modern yang bergelimang teknologi ini, fenomena information overload tidak terhindarkan lagi. Sehingga untuk mengatasi information overload atau banjir informasi ini dibutuhkan sebuah information filtering. Information filtering ini merupakan seleksi terhadap informasi-informasi tersebut. Contoh information filtering adalah mailing list, anti spam, dan Recommender System.

Recommender System memberi rekomendasi tertentu , biasanya sebuah item yang sesuai dengan maksud user/pengguna, sehingga information overload dapat direduksi, yang berdampak pada waktu dan biaya.

Pendekatan untuk membangun recommender system antara lain:

  1. Collaborative Filtering
    • melibatkan aspek sosial user
    • mengidentifikasi para pengguna aktif yang memiliki kesamaan preferensi, misal pola rating (penilaian) terhadap item tertentu.
  2. Content Based Filtering
    • memanfaatkan informasi yang terdapat pada item yang akan direkomendasikan
    • membangun model, kemudian mencocokannya dengan prefensi pengguna

Masalah yang muncul pada Colaborative Filtering adalah cold start. Cold start merupakan keadaan dimana sistem tidak dapat memberikan rekomendasi sebuah item kepada pengguna, yang disebabkan item yang bersangkutan belum memiliki rating yang cukup yang diperoleh dari pengguna karena baru dimasukkan ke dalam sistem.

Sedangkan Content Based Filtering dapat memberi rekomendasi untuk item yang ada dalam keadaan cold start dengan sedikit atau tidak tersedianya data latih, tapi memiliki akurasi yang lebih rendah dari Colaborative Filtering.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s