IT

Fungsi Vlookup di Excel


Berangkat dari rasa penasaran ketika ditanya seseorang tentang salah satu fungsi di Excel, akhirnya saya coba cari-cari tentang bermacam rumus dan fungsi di excel. Ada banyak rumus dan fungsi yang bisa digunakan di Excel, salah satunya adalah fungsi Vlookup.

Fungsi Vlookup dapat digunakan untuk mencari nilai pada tabel tertentu dan memeriksa nilai tersebut untuk dibandingkan dengan data lain. Vlookup merupakan kependekan dari Vertical Lookup, digunakan untuk menemukan data tertentu dari datasheet. Dengan menciptakan sebuah sample tabel, biasa disebut dengan tabel lookup, kita dapat mengekstrak info dari tabel tersebut dan membandingkannya dengan field yang diinginkan untuk memberi hasil yang dikehendaki.

Contoh menggunakan Vlookup:

Pertama buka Excel, lalu buka sebuah datasheet.

Sebagai contoh, datasheet dibawah ini memiliki kolom Name, Course, dan Marks.

Kemudian kita akan menambahkan sebuah kolom Grade. Kita akan menggunakan fungsi Vlookup untuk mencari nilai dari tabel lain yang berisi data sampel untuk grade.

Buat dua kolom yang berisi rentang nilai dan grade-nya. Kita tidak perlu membuatnya di worksheet baru, kita dapat meletakkannya dimanapun di datasheet yang telah ada karena kita hanya ingin mendapatkan nilainya.

Lalu pada baris pertama Grade, kita akan menuliskan fungsi Vlookup. Sintaksnya adalah sebagai berikut :

VLOOKUP(lookup_value, table_array, col_index_num, [range_lookup] )

Keterangan:

lookup_value : nilai dari angka yang ingin kita cari di tabel yang baru dibuat. Kita perlu untuk mencari nilai 80 (kolom Marks) di tabel yang baru dibuat.

table_array : mendefinisikan tabel yang kita tuju, untuk kasus ini adalah tabel yang baru dibuat tadi, yang berisi rentang dari mark dan grade.

col_index_num : mendefinisikan data dari kolom mana yang ingin kita ekstrak nilainya untuk ditampilkan, untuk kasus ini adalah kolom kedua yang berisi rentang grade.

[range_lookup] : mengijinkan kita untuk memilih antara TRUE (kurang lebih cocok dengan nilai yang dicari) atau FALSE (tepat sesuai nilai yang dicari).

Kita akan menuliskan fungsi ini di baris pertama Grade :

=VLOOKUP(C2,$F$3:$G$8,2,TRUE)

Keterangan :

C2 adalah sel dari kolom Marks yang berisi nilai siswa

F3:G8 adalah lokasi dari tabel baru yang diciptakan, berisi rentang nilai(mark) dan grade (gunakan referensi absolut dengan tanda $).

2 menunjukkan nilai dari kolom kedua yang akan ditampilkan.

TRUE menunjukkan bahwa kita butuh yang kurang lebih cocok karena kita memasukkan rentang nilai bukan nilai sebenarnya.

Sehingga akan ditampilkan grade A pada kolom Grade seperti yang ada pada gambar dibawah ini :

Lalu gunakan fungsi ini untuk seluruh kolom Grade, tarik tanda plus sampai akhir dari kolom Grade, seperti gambar dibawah ini:

Sekarang kita juga ingin menghitung uang hadiah untuk setiap murid. Sebagai contoh, kita mengasumsikan kriteria berikut:

Untuk grade A $1000

Untuk grade B+ $700

Untuk grade B $600

Untuk grade C+ $250

Untuk grade D  N/A

Kriteria tersebut berisi nilai sebenarnya, sehingga kita akan membuat sedikit perubahan pada parameter fungsi tersebut. Kita akan memilih FALSE untuk [range_lookup] disamping TRUE karena kita ingin menunjukkan nilai yang tepat sesuai.

D2 berisi grade siswa, sehingga akan diperiksa nilai di kolom Grade dibandingkan dengan kolom yang baru dibuat, yang berisi kriteria uang hadiah, seperti yang terlihat pada gambar berikut:

Sekarang gunakan fungsi tersebut pada kolom Price Money untuk melihat uang hadiah yang dimenangkan oleh setiap murid. Seperti yang dapat dilihat bahwa menggunakan fungsi Vlookup lebih mudah untuk mencari nilai tertentu untuk mengisi kolom baru dengan menghubungkan kolom-kolom yang berbeda.

sumber : www.addictivetips.com

tambahan : 

VLOOKUP retrieves information from a database/list based on a supplied instance of the unique identifier.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s