Uncategorized

23 April, Hari Buku Sedunia


Hmm, ternyata hari ini adalah hari buku sedunia. Aku merasa malu, karena hingga saat ini terhitung buku-buku yang telah ku tamatkan belum cukup banyak. Sebenarnya sejak dulu aku termasuk cukup hobi membaca, apalagi tentang sastra dan novel.  Salah satu karya favoritku adalah Bumi Manusia-nya Pramoedya Ananta Toer.

Aku begitu menyukai buku ini, alur dan jalan ceritanya memukauku. Namun aku belum berhasil membaca sekuel-sekuel selanjutnya.  Buku ini merupakan karya pertama dari tertralogi Buru. Pramoedya Ananta Toer sendiri menulis buku ini waktu masih mendekam di Pulau Buru. Buku ini melingkupi masa kejadian antara tahun 1898 hingga tahun 1918, masa ini adalah masa munculnya pemikiran politik etis dan masa awal periode Kebangkitan Nasional. Masa ini juga menjadi awal masuknya pemikiran rasional ke Hindia Belanda, masa awal pertumbuhan organisasi-organisasi modern yang juga merupakan awal kelahiran demokrasi pola Revolusi Perancis. Kemudian kisah cinta yang disajikan antara tokoh utama, Minke, dengan Anneliesse begitu menghanyutkan. Kisah cinta yang harus melewati begitu banyak terpaan, dan harus berakhir dengan perpisahan yang menyedihkan. Sedih memang.

Tapi tahun-tahun terakhir ini aku mulai kehilangan kebiasaan membaca buku. Seharusnya sebagai seorang mahasiswa, aku harus lebih rajin membaca. Membuatku merasa kalah dibandingkan diriku 12 tahun yang lalu. Miris memang.

Dan ternyata di hari buku sedunia ini, World Book Day Indonesia merayakannya dengan mengangkat tema “Kepergok Membaca”. Berikut cuplikannya :

TEMPO InteraktifJakarta – World Book Day Indonesia mengangkat tema “Kepergok Membaca” sebagai tema perayaan tahun 2010. Salah satu program utamanya adalah Kampanye 1000 Foto Kepergok Membaca, yang mengundang masyarakat untuk mengirim foto-foto yang menggambarkan perilaku membaca masyarakat Indonesia.

“Program ini untuk melihat antusiasme masyarakat terhadap kegiatan membaca secara visual. Jadi, nanti kita dapat katakan bahwa inilah bukti masyarakat sudah melek membaca dan semakin sadar akan kebutuhan membaca,” kata Bayu Bergas, hubungan masyarakat World Book Day Indonesia, pada hari ini.

Menurut Bayu, siapa pun boleh mengirim foto untuk kegiatan ini sesuai dengan ketentuan. Kegiatan ini bukanlah kompetisi, melainkan festival atau perayaan partisipatif yang bersifat nonkomersial dan tak dipungut biaya apa pun.

Semua foto yang masuk akan ditampilkan di situs web mereka. Namun, panita bersama dengan Lembaga Pendidikan Jurnalistik Antara akan memilih 100 foto paling inspiratif untuk dipamerkan di ruang-ruang publik dan kemudian dibukukan dalam 100 Foto Kepergok Membaca. “Jumlah 100 foto ini hanya karena keterbatasan kemampuan kami dalam menerbitkannya sebagai buku. Maunya sih kami terbitkan 1000 foto,” kata Bayu.

Menurut Bayu, partisipasi masyarakat untuk mengikuti kegiatan ini sudah terlihat. Sejak diumumkan pada dini hari tadi hingga pukul 17.00 WIB, formulir pendaftaran pengiriman foto sudah diunduh hingga 76 kali.

World Book Day merupakan perayaan perbukuan yang dicanangkan UNESCO untuk dirayakan setiap tanggal 23 April. World Book Day Indonesia merupakan program yang diluncurkan Forum Indonesia Membaca untuk mempromosikan perayaan World Book Day di Indonesia. Program ini mulai diselenggarakan sejak 2006.

Selain pengumpulan foto itu, panitia juga menggelar pertemuan komunitas perbukuan, penerbitan kupon diskon buku selama 23 April-23 Mei, dan berbagai kegiatan di sekolah-sekolah. Informasi lengkap mengenai syarat pengiriman foto dan kegiatan lain dapat dijenguk di situs mereka di http://www.worldbookdayindonesia.org.

sumber : www.tempointeraktif.com, id.wikipedia.org

AYO KITA BUDAYAKAN MEMBACA BUKU !!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s